Sabtu, 25 September 2010

pilkada klaten

Pilkada
Sunarna-Hartini Unggul di Klaten
Senin, 20 September 2010 | 22:01 WIB


KLATEN, KOMPAS.com - Hasil penghitungan cepat sementara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten, Senin (20/9/2010) menunjukkan calon bupati petahana, Sunarna yang berpasangan dengan wakil bupati Sri Hartini unggul mutlak dalam pemilu kepala daerah Klaten hari ini.

Hasil penghitungan suara cepat atau quick count di Kantor KPU Klaten, hingga waktu terakhir pukul 20.30 WIB, Sunarna yang maju diusung PDI-P, Partai Demokrat, PPP dan Partai Keadilan Sejahtera sementara meraih 64.23 persen atau 318.638 suara.

Pantauan di Kantor KPU Klaten, hasil perolehan Sunarna jauh meninggalkan rivalnya dua pasangan calon bupati lainnya. Yaitu, pasangan Agus Winarno-Sri Kertati yang diusung Partai Golkar hanya meraih perolehan suara sementara 28 persen dan pasangan nomor urut tiga Sarjono-Agus Murtono yang dijagokan PAN, Partai Hanura dan Partai Gerindra hanya memperoleh 7 persen.

Ketua KPU Klaten, Ngatmin Sumarto mengatakan, proses pemungutan suara ternyata juga menggembirakan karena tingkat partisipasi pemilih tercatat 1.015.000 pemilih cukup tinggi. Kehadiran pemilih tetap di TPS rata-rata 60-70 persen, bahkan di sejumlah TPS di Kecamatan Jatinom, Klaten ada yang mencapai 75 persen.

Dengan hasil penghitungan sementara ini, kemungkinan Sunarno, Bupati Klaten yang terpilih 2005-2010 ketika itu melalui Partai Golkar akan menjabat kembali untuk periode 2010-2015. Pasangan Sunarna kali ini adalah Sri Hartini, tiada lain istri almarhum Haryanto, mantan Bupati Klaten periode 2000-2005.

Calon bupati Sunarno ketika ditemui menyatakan terharu atas kepercayaan yang masih diperoleh dari masyarakat Kabupaten Klaten. Kepercayaan yang begitu besar ini, menurut Sunarna, menjadi pemicu bagi dirinya untuk membangun Klaten lebih baik lagi lima tahun ke depan.

Proses pemungutan suara yang berlangsung sejak pukul 07.00 hingga pukul 13.00 tersebar di 2.473 tempat pemungutan suara, memperoleh penjagaan cukup ketat dari aparat kepolisian Klaten. Seluruh aktivitas pegawai negeri di Pemkab Klaten, para guru-guru dan anak-anak sekolah diliburkan satu hari guna mensukseskan pilkada Klaten. Satu peleton Brimob Polda Jateng dengan truk-truk yang siaga disiapkan di seputar alun alun Kota Klaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar